Tutorial Printer

video tutorial service printer

Bagi para praktisi otodidak, tutorial printer seperti dalam hal melakukan pemeliharaan maupun service akan banyak dicari. Apalagi, dengan perkembangan teknologi informasi yang sudah maju, Anda bisa mencari tutorial service printer dengan mudah di internet.

Namun, tidak semua orang mengerti dan paham akan tutorial service printer maupun tutorial lainnya yang ada di internet ini. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa penjelasan lengkap dan rinci mengenai hal tersebut agar Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Tutorial Printer yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Tidak jarang banyak orang yang merasa panik dulu saat printer yang ada di rumahnya mengalami gangguan teknis. Bahkan ada yang menyimpulkan bahwa printer tersebut sudah rusak atau ada yang langsung membawanya ke tempat service terdekat.

Akan tetapi, sebetulnya Anda bisa mencoba beberapa langkah dalam melakukan perbaikan ini sendiri, yang bisa jadi hanya masalah sepele yang terjadi pada printer kesayangan. Untuk itu, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, simak terus tutorial printer dibawah ini!

1.      Coba bersihkan printer secara perlahan dan berkala

Langkah pertama sebagai tutorial printer yang bisa Anda lakukan yakni dengan membersihkan printer perlahan-lahan serta lakukan secara berkala. Bahkan, meskipun Anda jarang menggunakannya, lebih baik printer dibersihkan.

Bisa jadi, masalah yang terjadi bukan karena faktor lain melainkan karena printer Anda sudah terlalu kotor dan berdebu, hingga beberapa komponen didalamnya tersumbat sampai printer tidak berjalan normal.

Seringkali, hanya karena kondisi ini banyak orang yang langsung membawanya ke tempat service, padahal Anda bisa mengatasinya sendiri. Untuk membersihkannya, cobalah tutup badan printer menggunakan tisu atau kain, agar kotoran tidak mudah masuk.

2.      Sering-seringlah gunakan atau hidupkan printer

Setiap barang yang jarang digunakan biasanya malah akan mengalami kerusakan di kemudian hari, sama halnya dengan printer. Jika Anda tidak sering menggunakan atau bahkan menghidupkannya, akan membuat tinta yang ada dalam printer menjadi kering.

Jika sudah kering, ini akan membuat alirannya ke cartridge buntu atau semakin tersumbat. Jadi, jika memang printer Anda bermasalah, coba hidupkan printer secara rutin dan jalankan ia sebagaimana mestinya yakni dengan mencetak.

Minimal Anda bisa melakukan cleaning atau nozzle check setidaknya satu kali dalam seminggu agar bisa melancarkan saluran infus printer serta tintanya tidak mengendap terlalu lama.

3.      Jangan asal mematikan printer

Ini juga merupakan tutorial printer yang harus Anda perhatikan, yang mana dalam proses mematikan printer juga ada caranya. Ketika mematikan printer, sebaiknya tekan tombol power (on/off) yang ada di printer tersebut.

Hal ini cukup sepele, namun sebenarnya jika Anda menekan tombol ini sama halnya printer tersebut sedang melakukan pembersihan pada print head, kemudian kembali ke posisi semula.

Ingat ya, jangan pernah sekali-kali mematikan printer dengan cara mencabut kabel listrik secara langsung, ketika printer dalam sedang melakukan cleaning atau bahkan sedang mencetak. Sebab, bisa membuat cartridge juga printheadnya rusak.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam melakukan perawatan terhadap printer di rumah Anda. Dengan melakukan tips diatas, printer pun akan terjaga dengan baik, bahkan tidak perlu lagi membawanya ke tempat service jika memang terjadi hal-hal yang tak berarti.

Namun, jika memang printer Anda masih tidak bisa berfungsi dengan baik, barulah bisa langsung membawanya ke tempat service yang Anda percaya. Semoga tutorial printer diatas bermanfaat dan rutinlah merawat printer Anda dengan baik ya!

0 comments:

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.