Spare Part Printer Epson

sparepart printer epson canon

Mengenal nama spare part printer Epson juga fungsinya penting karena akan memudahkan untuk mengetahui masalah ketika printer tidak berfungsi. Bila sampai terjadi, Anda untuk melakukan  cara reset printer agar berfungsi secara optimal lagi.

Printer Epson memiliki tipe dengan inovasi terbaru berupa tank orisinil pertama dimana penempatan tinta terpisah dari body printer. Dengan demikian pengguna tidak perlu repot membongkar bagian dalam printer ketika akan melakukan pengisian tinta.

10 Spare Part Printer Epson, Kenali Nama Dan Fungsinya,  Untuk Bantu Atasi Error

Tipe Epson lainnya diklaim sebagai printer multifungsi yang terjangkau dengan kinerja terbaik. Printer ini dapat memastikan botol tinta terisi otomatis sehingga hasil tinta lebih tajam, tahan lama dan lebih hemat.

Dengan demikian, printer dapat bertahan hingga beberapa tahun.  Meski demikian, selalu saja ada hal-hal yang menghalangi printer bekerja secara optimal.

Oleh karena itu Anda perlu mengetahui bagian-bagian pada printer, agar dapat mengenali mana komponen yang sedang mogok. Berikut beberapa  komponen atau bagian-bagian dari printer:

1. Cartridge

Cartridge merupakan komponen paling terkenal dalam printer. Berfungsi sebagai tempat menyimpan, mengatur, dan dikeluarkannya tinta sehingga membentuk karakter dalam proses percetakan.

2. Rumah Cartridge (Carriage Unit)

Rumah cartridge adalah tempat dudukan cartridge dengan  fungsi menghubungkan chip cartridge ke chip rumah cartridge.

3. Head

Merupakan lapisan atau lempeng cartridge, berfungsi sebagai mediator tempat keluar tinta atau toner dari cartridge menuju kertas.

 4. Timing Belt

Merupakan bagian printer yang berfungsi menggerakkan cartridge dan alat scanner ke kanan dan kiri ketika proses pencetakan atau scanning berlangsung.

5. Mainboard

Mainboard merupakan otak sebuah printer dimana pertukaran data digital dari komputer menuju printer terjadi. Untuk kemudian diteruskan pada seluruh bagian lain dalam printer sehingga terciptanya sebuah proses pencetakan.

6. Motor Paper

Motor paper biasa juga disebut motor line feed atau paper feed, merupakan motor dengan posisi di bagian bawah. Motor ini berfungsi menarik kertas,  mulai dari sandaran kertas untuk diprint, juga ketika dicetak oleh print head.

7. Chip Cartridge

bagian ini meneruskan perintah dari mainboard printer pada cartridge, sehingga proses cetak berjalan dengan baik. Hasil print sama persis dengan yang ditampilkan di layar komputer.

8. Tabung Tinta (Ink Tank)

Tabung tinta adalah bagian dari printer yang penyimpanan tinta sementara sebelum keluar dan diolah head cartridge. Ada dua varian tabung tinta, yaitu menyatu dengan cartridge dan berada di luar perangkat printer.

9.  Tinta

Merupakan bahan baku berupa cairan berwarna untuk mendukung proses pencetakan grafis atau karakter pada media.

Tinta printer umumnya terdiri dari 4 kombinasi warna, Cyan, Yellow, Magenta, dan Black. Namun juga ada yang terdiri dari 6 warna, light Cyan, Cyan, Magenta, Light Magenta, Yellow dan Black.

10. Paper Tray 

Paper tray berfungsi untuk meletakkan kertas atau media cetak lainnya pada printer. Paper tray ada dua macam, yaitu paper tray input untuk tempat kertas sebelum dicetak. Selain itu paper tray output untuk kertas setelah proses pencetakan.

Dapatkan Informasi Spare Part Printer Epson Di Sini

Bagian-bagian printer di atas tentu belum sepenuhnya menjelaskan keseluruhan yang yang membentuk printer.

Apabila pembaca ingin mengetahui lebih jauh mengenai bagian lain beserta fungsinya, dapat mengunjungi web Tutorial Service Printer & Komputer.

Merupakan web tutorial yang dapat dijadikan media belajar cara servis, reset, atau download  software untuk mengatasi masalah komputer dan printer.

Terdapat banyak artikel yang dapat membantu pembaca mengenali dunia printer dan komputer, juga segala permasalahannya. Untuk kemudian dapat mengatasi hal-hal sederhana yang banyak ditanyakan, seperti spare part printer Epson.

0 comments:

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.