Memperbaiki Printer Canon mP287 mP258 error E03

Memperbaiki Printer Canon mP287 mP258 error E03

 

tutorial memperbaiki printer canon mp287 mp258 error e03 paper jam / kertas macet solution


Printer Canon MP 287 saat dihidupkan kondisi printer masih normal, kemudian saat printer digunakan untuk print mencetak kertas bisa tertarik namun hanya setengah, kertas tertarik hanya setengah kemudian macet, dan di display printer muncul error E03


Selanjutnya matikan printer dicari penyebab kerusakannya, sebelum servis printer selalu lepas kabel power dan kabel USB.
Untuk kerusakan seperti ini error E03 biasanya kerusakan tidak jauh-jauh dari sensor kertas namun belum tentu bagian sensor kertas yang rusak bisa pada tuas sensor kertas, bisa juga pergerakan tuas sensor kertas terganjal ada benda yang masuk. Error e03 seperti ini hampir sama seperti kalau di Canon IP2770 biasanya lampu resume error berkedip 3 kali.

Buka penutup tombol panelnya ini cukup mudah, kemudian lepas baut bautnya pada bagian tombol panel, jepit selang infus agar tintanya tidak tercecer kemana-mana, selanjutnya dibongkar tutup printer bagian samping
ada penguncinya untuk penutup bagian samping ini, penguncinya biasanya ditandai dengan tanda panah atau segitiga. Demudian juga lepas penutup samping satunya, sama ada penguncinya ditandai penguncinya dengan tanda panah atau segitiga. Kemudian lepas baut untuk scanner nya ada 4 ini di bagian depan ada 2 dibawah tombol panel tadi ada 1 kemudian yang di belakang yang juga ada dua jadi untuk scanner ini untuk melepasnya ada 4 baut, jangan lupa kabel scanner nya dilepas terlebih dahulu.

Melepas selang infus dari cartridge, saat melepas selang infus sini jangan lupa buka tadi selangnya sudah dijepit agar tintanya tidak keluar tercecer ke mana-mana, selanjutnya diangkat bagian scanner
jangan lupa tadi kabel scanner nya sudah dilepas terlebih dahulu. Selanjutnya di cek sensor kertasnya, diganti dengan sensor kertas yang masih normal, sensor kertas ini banyak dijual online di marketplace juga banyak. Pasang kembali sensor kertas, pasang kembali scanner, pasang kembali kabel Flexi, hati-hati saat pemasangan jangan sampai konektor tembaga mengelupas dan ada seperti penguat mika itu juga jangan sampai mengelupas atau rusak.

Pasang kembali 4 baut scanner 2 baut ada di bagian belakang dan 2 baut ada di bagian depan, kemudian pasang penutup samping bagian kiri, pasang tombol panel juga kabel Flexi tombol panel ke mainboard, pasang penutup samping bagian kanan, hati-hati sambil dirapikan kabel Flexi jangan sampai ada yang terjepit, pasang baut baut pada bagian tombol panel, selanjutnya pasang penutup bagian belakang, jika menggunakan tambahan pembuangan di luar pastikan selang pembuangan tidak terjepit, untuk cara pemasangan pembuangan di luar videonya juga sudah pernah di klikbebas, pasang kembali penutup panel, pasang kembali cartridge ke selang infus, jangan lupa dilepas juga penjepit selang tadi, selesai merakit kembali printer, selanjutnya hidupkan printer, printer digunakan untuk tes print mencetak, terlihat printer sudah kembali normal printer sudah bisa mencetak.

0 comments:

Posting Komentar

Mohon berkomentar sesuai dengan topik pembahasan. Mohon baca artikel dengan lebih teliti sebelum bertanya.
Komentar / pertanyaan tidak sesuai topik, basa-basi, tidak sopan, dll, akan kami hapus.